Moon Cake Festival (Perayaan Hari Bulan)

Hari ini tanggal 30 September 2012 adalah perayaan Hari Bulan. Berikut adalah sekilas cerita secara singkat:

For text in English language read below this passage

Dahulu kala, hiduplah suami istri sepasang suami istri. Suaminya bernama Hou Yi, dia adalah seorang pemanah yang bebat dan istrinya Chang Er. Suatu hari, ada 10 buah matahari yang berbentuk seperti burung api muncul secara bersamaan sehingga menyebabkan bencana kekeringan di bumi. Hou Yi, dengan panah pusakanya berhasil memanah 9 buah matahari dan menyisakan 1  untuk menunjang kehidupan manusia. Hou Yi pun diangkat menjadi pahlawan oleh masyarakat. Berkat jasanya, ratu langit menghadiahkan 2 pil abadi agar Hou Yi dan Chang Er istrinya suatu saat bisa hidup abadi di istna langit.

Suatu hari, ketika Hou Yi pergi berburu, muridanya berusaha mencuri pil tersebut. Chang Er memrgokinya dan berusaha merebut pilnya. Ia kemudian menyembunyikan pil tersebut dalam mulutnya dan menelannya tanpa sengaja. Tubuhnya pun menjadi sangat ringan dan ia pun terus melayang sampai melewati atap rumah dan pepohonan. ketika suaminya pulang dan melihat istrinya melayang, ia sadar bahwa istrinya telah menelan kedua pil tersebut. Hou Yi menjadi sangat marah karena mengira istrinya menghianatinya. Ia pun bermaksud memanah istrinya. Untungnya, ia mengurungkan niatnya. Dengan perasaan yang hancur, dia hanya bisa memandangi istrinya yang semakin lama semakin menjauh. 

Chang Er terus melayang sampai akhirnya berhenti di permukaan bulan yang sangat dingin dan tak ada tanda kehidupan. Ia sangat sedih dan terus menangis. Ia tak tau caranya untuk pulang ke bumi dan menjelaskannya kepada Hou YI. Ratu langit merasa kasihan kepadanya, lalu membuatkannya sebuah istana dan seekor kelinci untuk menemaninya yang seorang diri itu. Chang Er kemudian menjadi dewi bulan. Di bumi, suaminya telah mengetahui bahwa istrinya tak bersalah. Muridnya yang durhaka tadi dihukum berat.

Namun demikian, dunia mereka berdua sudah berbeda. Apa bisa dilakukan oleh Hou Yi hanyalah menunggu dan berharap suatu saat istrinya bersedia turun ke bumi dan mengunjunginya. Sejak saat itu, setiap tanggal 15 bulan 8 yang merupakan hari Chang Er naik ke bulan, Hou Yi menyiapkan kue dan makanan kesukaan istrinya. Berharap saat melihat kue itu istrinya teringat padanya dan turun ke bumi. Hou Yi akhirnya meninggal dalam kesendirian. Masyarakat sekitar yang kasihan pada sang pahlawan meneruskan kebiasaan Hou Yi, memberi persembahan pada dewi bulan setiap tanggal 15 bulan 8. 

Kisah diatas mungkin tidak terlalu merinci tetapi bisa memberikan
sedikit gambaran menarik yang dianggap sebagai asal usul dimulainya perayaan kue bulan. Tidak ada yang tau pasti mengapa ada perayaan kue bulan tetapi untuk membuat perayaan tersebut menjadi lebih menarik dibuatlah cerita seperti diatas.

INI ADALAH KARYA ANAK SMA, BILA ADA KESALAHAN JANGAN MENUDUH SEMBARANGAN, TAPI PERBAIKI DENGAN MEMBERIKAN KOMEN DIBAWAH ATAU KIRIM E-MAIL KE van@windowslive.com .. TERIMA KASIH dan SELAMAT HARI KUE BULAN SEMUANYA!

ENGLISH PASSAGE WILL BE COMING SOON

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar